Manfaat Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)

Menurut Wholstetter dan Mohrman dalam Sri Minarti (2011:70), menyatakan bahwa terdapat 4 sumber daya yang harus didesentralisasikan yang pada hakikatnya merupakan inti dari Manajemen Berbasis Sekolah, yaitu, power/authority, knowledge, information, reward. Keempatnya merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dan menuntut kehadirannya, antara lain sebagai berikut.

  1. Kekuasaan/ kewenangan harus didesentralisasikan ke sekolah secara langsung, yaitu melalui dewan sekolah
  2. Pengetahuan juga harus di desentralisasikan sehingga sumber daya manusia disekolah mampu meberikan kontribusi yang berarti bagi kinerja sekolah.
  3. Hakikat lain yang harus didesentralisasikan adalah informasi. Pada model sentralistik, informasi hanya dimiliki oleh tingkat pusat, sedangkan pada manajemen Sumber Daya Manusia informasi harus sampai pada tingkat bawah.
  4. Penghargaan adalah hal penting yang harus didesentralisasikan. Penghargaan bisa berupa fisik maupun non-fisik yang semuanya didasarkan atas prestasi kerja.

Berdasarkan aspek tersebut, maka manfaat yang dapat diambil dari Manajemen Berbasis sekolah adalah sekolah dapat mengelola sumber daya yang dimilikinya dengan leluasa yang disesuaikan dengan keinginan masyarakat setempat sehingga sekolah dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, selain itu, masyarakat memiliki kesempatan untuk turut serta terlibat dalam pengelolaan sekolah sehingga masayarakat memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap sekolah yang berpengaruh pada peningkatan mutu sekolah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s